Sejarah Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu PangandaranPantai Batu Hiu Pangandaran 


Terletak tak jauh dari objek wisata Green Canyon di Pangandaran, terdapat Pantai Batu Hiu. Namanya pun diambil dari legenda tentang hiu jadi-jadian.

Berada di Kabupaten Pangandaran, Pantai Batu Hiu merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa jadi pilihan selain Pantai Barat dan Timur yang kini sudah ramai. Letaknya cuma 14 Km dari pusat kota Pangandaran dan persis sebelum Green Canyon.

Sekilas melihat, Pantai Batu Hiu memiliki sebuah batu karang besar yang sedikit menjorok ke laut. Oleh sebab itu, tak sedikit yang menjulukinya sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. detikTravel berkunjung ke tempat ini akhir pekan kemarin.

Secara penamaan, Pantai Batu Hiu disebut demikian karena adanya sebuah batu karang di tengah laut yang menyembul layaknya sirip hiu. Konon ada kaitannya dengan legenda yang populer di kalangan masyarakat lokal.

Namun salah satu prajurit, Ki Braja Lintang tidak beristirahat dan malah menemukan ikan hiu saat memancing. Tapi bukannya ditangkap, ia malah melepaskan sang hiu. Ajaib, sang hiu malah berubah menjadi batu karang sirip hiu yang masih dapat dilihat kini.

Batu sirip hiu itu pun dapat traveler lihat dari atas bukit batu karang yang telah dijadikan taman hijau. Sebelum memasukinya, traveler akan melewati gerbang berbentuk mulut hiu sesuai nama pantainya. Dilanjutkan dengan berjalan sedikit menanjak hingga puncaknya.


Berhubung tempatnya cukup asri dan nyaman, tak sedikit wisatawan yang datang untuk piknik bersama keluarga sambil menikmati hamparan ombak. Sayangnya tak sedikit wisatawan yang masih meninggalkan sampahnya di sana.

Tapi berhubung terletak di Selatan, ombak di Pantai Batu Hiu cenderung galak. Traveler pun tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai, selain sekedar melihat dan berfoto. Pantainya sendiri memiliki pasir hitam.

Pantai Batu Hiu pun dapat menjadi opsi wisata lain saat liburan ke Pangandaran. Mungkin bisa jadi ide wisata untuk liburan weekend ini.